Cari Blog Ini

Selasa, 08 Desember 2009

Masjid Jami' Yang Berdekatan

Dilingkungan rumah ada suatu fenomena yang menarik dalam kehidupan beragama khususnya Islam, terjadi suatu "persaingan" yang entah baik atau kurang baik. Dalam lokasi yang berdekatan terdapat 2 (dua) masjid jami, dimana para pengurus dari masing-masing masjid tersebut mengklaim bahwa masjid merekalah yang layak menyandang titel jami. Pengeras suara yang mereka pasang pun saling bersaing sehingga mengganggu lingkungan sekitar, seperti contoh sholat yang ada khutbahnya diantara kedua masjid tersebut bisa saling mendengar sehingga jamaah jadi bingunng, terkadang dalam sholat yang dibaca keras pun sering memakai pengeras suara.
Bagaimana hukum fiqih nya sehingga umat jadi tambah bingung, pernah diadakan musyawarah dalam menengahi permasalahan tersebut tapi belum juga menemukan titik temu yang baik bagi kemaslahatan umat.
Wahai para pemimpin umat jika ego yang masih menjadi panutan, ke aku an yang masih menjadi landasan dalam kehidupan beragama ini bagaimana dengan umat, padahal agama menganjurkan dan Rasulullah telah mencontohkan sikap toleransi kepada seluruh umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar